Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOPA-PIPA dan Dampaknya ke Indonesia

SOPA-PIPA dan Dampaknya ke Indonesia. Setelah hampir seminggu pemberitaan internet di dominasi oleh topik tentang SOPA dan PIPA,
mungkin masih ada yang bertanya apakah dampak masalah peraturan ini bagi Indonesia?


Apa Itu SOPA-PIPA

SOPA merupakan singkatan dari STOP ONLINE PIRACY ACT atau dapat diartikan sebagai Akta Penghentian Pembajakan Online. PIPA merupakan singkatan PROTECT IP ACT atau dapat diartikan Akta Perlindungan Alamat IP.

SOPA dan PIPA merupakan rancangan undang-undang yang diajukan ke DPR dan Senat Amerika Serikat oleh anggota legislatif, Lamar S. Smith. Fungsi dari rancangan undang-undang ini sebenarnya baik, karena bertujuan melindungi hak atas kekayaan intelektual (HAKI) dan melawan pembajakan secara global.

SOPA dan PIPA memberikan kewenangan bagi Kementerian Kehakiman Amerika Serikat dan pemilik konten yang sah untuk menuntut secara hukum pemiliki halaman/situs di internet yang melakukan atau memfasilitasi pembajakan (hal inilah yang terjadi pada pemilik situs Megaupload).

Jika diberlakukan, SOPA dan PIPA akan memaksa para perusahaan internet seperti Google untuk menghalangi akses ke situs yang diduga memuat file hasil pembajakan. Pemblokiran juga dapat dilakukan secara sepihak melalui penyedia hosting atau domain situs. Selain itu, perusahaan periklanan seperti Google Adsense juga akan menghentikan layanan periklanan online di situs tersebut.

Dampaknya ke Indonesia

Apabila SOPA dan PIPA diberlakukan, maka pengguna internet di Indonesia juga terkena akibatnya. Antara lain, untuk proses pencarian dan akses informasi tertentu lewat Google dapat berlangsung lebih lama. Karena Google terpaksa menyaring lagi hasil pencarian yang tidak mengandung hak cipta.

Jika kamu senang main Facebook atau Twitter, kamu harus berhati-hati untuk mengupload atau menampilkan file di jejaring sosial. Karena bisa jadi file tersebut merupakan hak cipta seseorang. Meskipun itu hanya sebuah foto binatang lucu atau kata-kata mutiara.

Meskipun pada akhirnya, rancangan undang-undang SOPA dan PIPA masih ditunda pembahasannya di Amerika Serikat. Bukan kemustahilan jika di masa depan akan muncul peraturan lain yang mungkin lebih ketat.

Setelah mengetahui apa itu SOPA-PIPA dan Dampaknya ke Indonesia, saya kira kita harus lebih bijak dalam menggunakan data-data dari internet. Kurangilah memakai file bajakan.

3 komentar untuk "SOPA-PIPA dan Dampaknya ke Indonesia"

  1. Sebenarnya masih ada alternatif kalau mau mengurangi pembajakan di internet (bagi USA) namanya OPEN, yang didukung oleh banyak perusahaan internet termasuk Google.

    Walaupun SOPA-PIPA bisa dikatakan sudah "selesai", tapi masih ada ACTA yang sepertinya dirancang sembunyi-sembunyi dan sama saja dengan SOPA-PIPA.

    BalasHapus
  2. maksudnya OPEN SOURCE yah, Dearik?

    kalo masalah ACTA memang benar, sama saja dengan RUU SOPA PIPA ini, hanya saja ACTA mungkin lebih spesifik ke masalah perdagangan.
    Kalo ACTA disetujui bisa banyak pedagang tas dan barang merk KW yang gulung tikar.

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah berbagi apa yang dimaksud dengan SOPA dan PIPA dan dampaknya Ke Indonesia. Jadi menambah pengetahuan :)

    BalasHapus