Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Twitter Populer?

Artikel Twitter - Mungkin masih banyak yang penasaran mengapa Twitter begitu populer. Berikut ini adalah 5 alasannya.


Twitter memang termasuk anak kemarin sore di jajaran situs jejaring sosial. Ketika pertama kali muncul tahun 2006, Twitter awalnya hanya digunakan di kalangan para pengembang situs. Barulah setelah Konferensi SXSW di Austin, Texas, penggunaannya berkembang. Betapa tidak, selama konferensi itu berlangsung, komunikasi antar peserta dilakukan lewat twitter. Membuat jumlah penggunanya bertambah tiga kali lipat dalam sehari. Berikut ini adalah 5 alasan mengapa Twitter menjadi populer.

Simpel

Memang banyak layanan mikroblogging selain Twitter, seperti Plurk. Yang memudahkan penggunanya mengirim pesan status pendek. Tetapi yang menjadikan Twitter berbeda adalah kesederhanaannya. Sama seperti membandingkan Google dengan situs pencarian lain di internet, seperti Yahoo atau MSN (pendahulu Bing). Tampilan Twitter tidak rumit dan mudah dimengerti. Kamu cukup mengetik pesan di kotak status dan memencet tombol "tweet". Untuk memantau status dari teman Twitter juga mudah, cukup dilihat dalam satu halaman yang sama.

Banyak Aplikasi

Kamu dapat mengakses Twitter selain lewat komputer, kamu bisa login melalui handphone. Hampir setiap sistem operasi telepon genggam memiliki aplikasi Twitter. Mau itu Blackberry, Android, Windows dan Apple. Banyaknya pilihan aplikasi yang tersedia, memudahkan penggunanya untuk nge-tweet dari handphone apapun.

(Mungkin) Hampir Semua Temanmu Punya Akun Twitter

Kenapa Facebook menjadi raja jejaring sosial seperti sekarang? Karena hampir semua orang punya Facebook. Sama seperti Twitter, dimana jumlah penggunanya di seluruh dunia mencapai sekitar 100 juta orang dan terus bertambah setiap hari. Tidak menutup kemungkinan bahwa banyak temanmu yang termasuk dalam ratusan juta pengguna twitter tersebut.

Diakui Oleh Media Informasi

Twitter telah mengubah cara orang dalam menerima dan berbagi informasi. Lewat 140 karakter, orang dapat dengan mudah menyebarkan kejadian atau peristiwa terkini yang dialami dan dilihatnya. Media massa seperti stasiun televisi atau koran, memandang Twitter sebagai salah satu sumber informasi sekunder karena kemampuannya untuk menyebarluaskan peristiwa yang aktual.

Banyak Digunakan Selebriti dan Publik Figur

Twitter menemukan perannya sebagai jembatan antara artis/publik figur dengan para penggemarnya. Peran yang sebelumnya hanya dipegang oleh pihak media. Orang-orang kini lebih mudah mengikuti status terbaru para orang terkenal hanya dengan menjadi follower mereka di Twitter. Para penggemar lebih menyukai status yang asli dibuat oleh artis itu sendiri, tanpa melalui sensor media terlebih dulu.

Posting Komentar untuk "Mengapa Twitter Populer?"