Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rahasia Bikin Pembaca Betah di Blog Anda

Lompo Ulu - Tips dan Trik Blog. 7 Rahasia Bikin Pembaca Betah di Blog Anda. Coba saya tanya, kalo internetan pertama kali dibuka situs apa??

Mungkin jawaban yang paling banyak adalah Facebook (yeah, what else?). Saya sendiri biasanya buka Kaskus atau Detik duluan. Terasa nggak kalau sudah membuka situs-situs  ini rasanya waktu berjalan begitu cepat, tanpa terasa sudah puluhan halaman yang kamu baca. Apa sih rahasianya??

1. Tampilan/Desain
Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda..hehe. Benar, tampilan/desain blog merupakan hal pertama yang dilihat pembaca. Oleh karena itu, pilihlah warna dan tampilan yang simpel atau eye catching, biar orang jatuh cinta pada pandangan pertama pada blog kita.

2. Konten
Setelah jatuh cinta pada pandangan pertama pada blog kita, pasti orang ingin tahu lebih jauh tentang blog kita. Untuk itulah seorang blogger harus memiliki konten yang berkualitas, bermanfaat dan memberi inspirasi. Jika diibaratkan seorang manusia, maka konten adalah kepribadian dari sebuah blog.

3. Loading Speed
Hmm..menurut saya ini sudah masuk kesan pertama . Tapi ada benarnya juga, kita tentu akan malas untuk melanjutkan membaca sebuah blog kalo loadingnya lama. Biasanya hal ini diakibatkan oleh widget yang terlalu banyak atau konten multimedia (foto dan video) yang terlalu besar.

4. Menjawab Komentar
Dengan menjawab komentar, maka akan terjadi komunikasi dua arah antara blogger dan pembacanya. Pembaca akan merasa diperhatikan karena komentarnya dijawab oleh yang punya blog dan hal ini dapat membuat pembaca lebih tertarik menjelajahi blog kamu.

5. Interlinking dan Related Post
Saling mengaitkan antar artikel dan membuat related post merupakan cara yang efektif untuk membuat pembaca lebih lama di blog. Ibaratnya, kita memberikan petunjuk arah kepada pembaca. Sehingga setelah selesai membaca sebuah postingan, pembaca akan tahu postingan lain yang berkaitan.

6. Bonus/Gratisan
Waduh..kalo kata kunci ini memang paling manjur untuk memancing perhatian orang. Tapi hitung-hitung, barang gratisan juga merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pembaca yang mau berlama-lama berkeliling di blog kita.
7. Seleblog
Ampun deh, memang sulit mengalahkan pesona seorang publik figur. Seleb kalo ngeblog, biarpun yang diomongin tentang syuting filmnya yang terbaru pasti dah banyak penggemarnya yang bikin tenda di blognya..hehe.


Jadi, itulah beberapa ilmu yang saya dapat dan refleksikan di sini. Ada yang mau menambahkan??

8 komentar untuk "7 Rahasia Bikin Pembaca Betah di Blog Anda"

  1. Apakah blog ini sudah memenuhi ketujuh kriteria di atas? :D
    Pastinya, kecepatan loading blog ini cepet. Saya suka. ;)

    BalasHapus
  2. Okelah, mungkin ada beberapa point diblog gw yg sudah memenuhi kriteria di atas. tq

    BalasHapus
  3. Mas Febriasop, bagus lah kalo sudah di rasa cepet. Untuk sekarang saya masih mau nambah konten dulu mas

    BalasHapus
  4. Mas Andes, blognya mantap mas, khususnya dari segi konten dan komentar, rame bener saya liat..

    BalasHapus
  5. nice info. saya setuju dengan sebagian besar artikel diatas.

    BalasHapus
  6. Wah benar sekali gan,, cara itu memang ampuh banget untuk membuat para pembaca betah,, contohnya saya : saya merasa betah banget membaca artikel yang di buat oleh agan.. Terimakasih gan mungkin dengan ini saya bisa intropeksi diri.. Keep post aja ya..!!

    BalasHapus
  7. Berkunjung gan ke blog ane dan beri komentar, apakah blog ane itu sudah bisa membuat para pembaca betah berlama2 di blog ane.. tolong beri komentar.. hehe (please)

    BalasHapus
  8. Terima kasih sudah berbagi 7 rahasia bikin pembaca betah di blog anda.

    BalasHapus