Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Daya Ingat

meningkatkan daya ingat alami dan lewat makanan
Apakah Anda sering diledek sebagai orang yang pelupa? Lalu mencari jawaban di Google tentang cara-cara meningkatkan daya ingat? Artikel berikut ini akan membantu Anda dalam memahami apa itu daya ingat dan tips meningkatkan daya ingat/memori.

Apa Itu Daya Ingat?


Chaplin (2002:295) mendefinisikan memori atau daya ingat sebagai berikut:
1. Fungsi yang terlibat dalam mengenang atau mengalami lagi pengalaman masa lalu
2. Keseluruhan pengalaman masa lampau yang dapat diingat kembali
3. Suatu pengalaman masa lalu yang khas
Sedangkan, Wikipedia menjelaskan pengertian ingatan sebagai:
Ingatan atau memori adalah sebuah sebuah fungsi dari kognisi yang melibatkan otak dalam pengambilan informasi.
Jadi, dari dua pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian ingatan atau memori adalah fungsi otak dalam mengambil kembali informasi yang telah diterima sebelumnya. Dan dari sini juga kita seharusnya bersyukur karena dianugrahi otak oleh Tuhan. Karena tanpa otak, mustahil kita memiliki daya ingat seperti saat ini.

Kenapa Kita Bisa Menjadi Pelupa?


Lupa adalah hal yang wajar terjadi, asal tidak kelewatan. Batas kelewatan di sini adalah jangan sampai gara-gara lupa sampai mengganggu aktifitas Anda sehari-hari. Orang menjadi pelupa bisa karena sesuatu hal atau gabungan berbagai hal. Tapi alasan yang umum ditemukan adalah faktor usia. Semakin tua usia seseorang, maka daya ingat juga akan menurun.

Daya ingat pada dasarnya terdiri dari tiga proses :
1. Anda memperoleh informasi baru melalui panca indra;
2. Anda menyimpan informasi tersebut ke otak (bayangkan seperti menyimpan file ke dalam hard disk komputer Anda) ;
3. Anda memanggil kembali informasi tersebut.

Proses pertama kelihatannya sederhana, tapi di sinilah kadang yang menjadi penyebabnya. Kita hidup di era informasi (baca: internet), dimana informasi lebih banyak kita dapatkan dari internet. Tiap hari puluhan ribu informasi diterima oleh panca indera (mulai dari berita yang Anda baca di Detik, foto yang anda lihat di Facebook, lagu yang Anda dengar di Soundcloud, video yang Anda nonton di Youtube hingga bau parfum pacar Anda).

Untuk menyelamatkan dirinya dari kebanjiran informasi ini, otak akan otomatis bekerja dengan menghapus informasi yang dirasa kurang penting, informasi yang telah diketahui sebelumnya dan informasi yang tidak menarik. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% informasi yang diterima seseorang akan dilupakan setelah 1 jam pertama.

Untuk mencegah terjadinya lupa, Anda harus melatih otak Anda dalam mengingat. Tujuan utamanya agar terjadi keseimbangan dalam mengingat dan melupakan berbagai informasi yang diterima otak. Secara alamiah, otak memang telah terprogram untuk mengingat dan melupakan secara seimbang. Tapi, sering terjadi, otak salah memilih informasi.

Dengan menghapus informasi yang penting dan menggantinya dengan informasi tidak berguna karena adanya gangguan pada saat proses penerimaan informasi. Contohnya, saat Anda berada di parkiran mall sambil menerima telepon dari sahabat lama dan tidak sadar jika kunci motor masih tergantung di lubang kunci. Anda lupa mencabut kunci motor. Mungkin Anda baru mengingat kunci motor Anda ketika telah berada dalam mall. Untungnya ini parkiran mall, jadi motor Anda masih selamat.

Hal lain yang juga menyebabkan kenapa kita bisa melupakan sesuatu adalah karena tidak ada motivasi. Motivasi terbesar yang mempengaruhi ingatan adalah emosi. Pentingnya suatu informasi untuk diingat tergantung dari apakah kita suka terhadap informasi tersebut atau tidak.

Contohnya, dalam hubungan pacaran, kebanyakan orang akan lebih mengingat masa awal pacaran, yang indah dan menyenangkan, dibandingkan dengan masa akhir pacaran, yang biasanya berakhir tidak menyenangkan dan kadang diwarnai pertengkaran yang menyakitkan hati. Anda lihat kan unsur emosinya dimana?.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dengan Makanan


Setelah tahu apa itu daya ingat/memori, sekarang kita membahas inti artikel ini yakni cara meningkatkan daya ingat, salah satunya dengan makanan. Tapi efeknya bersifat tidak langsung, maksudnya dengan mengkonsumsi makanan tidak otomatis daya ingat Anda meningkat. Makanan-makanan berikut hanya berfungsi langsung dalam menutrisi dan mengoptimalkan fungsi kerja otak.

1. Ikan Salmon
Lemak dari salmon meruakan penyuplai asam lemak Omega-3, DHA, EPA yang berfungsi dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

2. Telur
Kuning telur mengandung zat kolin yang berguna dalam membantu perkembangan daya ingat

3. Selai kacang
Selain rasanya yang enak, selai kacang diketahui memiliki kandungan antioksidan yang berguna bagi kesehatan membran sel saraf pada otak.

4. Gandum
Otak membutuhkan persediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan dan salah satu sumbernya diperoleh dengan memakan gandum murni. Serat yang terkandung dalam gandum murni ini akan membantu pelepasan glukosa dalam tubuh kita.

5. Bluberry dan Strawberry
Jika Anda masih asing mengkonsumsi buah berry, percayalah jika buah ini kandungan omega-3 nya cukup banyak untuk membantu otak Anda optimal.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami


Selain dengan bantuan makanan, meningkatkan daya ingat dapat juga dilakukan lewat gaya hidup dan kebiasaan-kebiasaan sehat seperti berikut ini

1. Berolahraga teratur
Olahraga selain menyehatkan tubuh, juga menyehatkan bagi otak. Karena rajin berolahraga akan membantu memperlancar peredaran darah ke otak. Kandungan oksigen yang dibawa dalam darah, sangat penting bagi otak dalam menjalankan fungsinya.

2. Istirahat yang cukup
Penelitian membuktikan bahwa tidur yang cukup akan membantu dalam mengatur ulang memori Anda serta meningkatkan ingatan.

3. Bersosialisasi
Jika Anda pikir bahwa bersosialisasi tidak ada kaitannya dengan daya ingat, maka Anda salah besar. Manusia adalah makhluk sosial, sebuah kenyataan yang tidak dapat disangkal. Memiliki interaksi dan hubungan sehat dengan berbagai macam karakter merupakan sebuah latihan otak yang sangat efektif.

4. Tertawa
Tertawa berperan positif bagi tubuh secara keseluruhan. Jika dibandingkan dengan emosi lain, tertawa melibatkan hampir semua bagian di otak. Obat stress alami ini juga membantu seseorang berpikir lebih luas dan kreatif.

5. Hindari stress
Penelitian membuktikan bahwa stres mengurangi kemampuan mengingat seseorang. Temuan State University of New York ini menyebutkan bahwa stres yang terjadi secara berulang akan mempengaruhi kinerja prefrontal cortex. Bagian otak yang berperan mengatur analisis abstrak dan fungsi kognitif, dalam hal ini salah satunya kemampuan mengingat.

Setelah mengetahui apa itu daya ingat/memori dan cara alami meningkatkan kemampuan daya ingat/memori, kini kembali kepada Anda. Apakah ingin meningkatkan kemampuan memori Anda atau pasrah membiarkan kemampuan berharga ini termakan usia? Jika tips dalam artikel ini bermanfaat, jangan lupa dishare ke teman-teman Anda.

image credit to: graur razvan ionut

10 komentar untuk "Cara Meningkatkan Daya Ingat"

  1. Artikel yang bermanfaat, makasih ya,,

    BalasHapus
  2. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  3. Saya sih tetep mudah lupa. khususnya kalau bicara soal utang hahaha..

    BalasHapus
  4. terima kasih buat informasi yang bermanfaat ini mas.. semoga sukses selalu..

    Di tunggu komentar baliknya di http://syakirurahman.blogspot.com :) hehe

    BalasHapus
  5. makasih informasinya... perlu di coba nih...

    BalasHapus
  6. Perlu diperhatikan nih. Otak saya sering lola. Herann..

    BalasHapus
  7. Makasih ya infonya. Oh ya, ini suplemen peningkat daya ingat: http://on.fb.me/161claS :)

    BalasHapus
  8. Terima kasih sudah berbagi cara meningkatkan daya ingat

    BalasHapus