Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Bank Indonesia

Lompo Ulu Masih ingatkah kamu, ketika kurs rupiah melemah hingga nilainya melampaui 10.000 rupiah untuk 1 US dolar, lembaga apa yang mendapat sorotan? Bank Indonesia.

Ketika sebuah bank trancam gulung tikar dan kemungkinan tidak dapat mengembalikan uang nasabah, lembaga mana yang dianggap buruk oleh masyarakat? Bank Indonesia.


Ketika persentasi keuntungan investasi menjadi labil, lembaga mana yang dituntut pertanggung jawabannya? Bank Indonesia.

Bank Indonesia adalah salah satu lembaga terpenting dalam negara kita. Sebagai induk dari semua bank, lembaga ini bertugas untuk menjaga kesehatan keuangan negara. Segala hal menyangkut keuangan, mulai dari nilai tukar rupiah hingga peredaran mata uang ke pelosok Indonesia, menjadi tanggungan lembaga ini.

Didirikan pada tahun 1953, Bank Indonesia awalnya bertugas untuk merintis keuangan Indonesia yang baru merdeka. Saat itu, rupiah belum dapat dimiliki oleh segenap lapisan masyarakat. Rupiah masih mendapat penjajahan juga dari Gulden dan Yen. Ditambah lagi mata uang sisa-sisa kerajaan yang masih digunakan pada beberapa daerah.

Ketika Soekarno memerintah, kemampuan Bank Indonesia diuji dalam menurunkan nilai tukar rupiah. Reaksi rakyat tentu saja negatif, karena tindakan devaluasi akan menurunkan nilai mata uang. Meski demikian Bank Indonesia nampaknya berhasil melewati masa-masa berat di awal kemerdekaan.

Berbagai masalah di bidang keuangan yang menerpa Indonesia, menjadikan Bank Indonesia sebagai salah satu institusi tersibuk di Republik ini. Khusunya ketika badai krisis moneter menerpa Indonesia pada tahun 1998. Hampir segenap sektor perbankan Indonesia kena dampaknya. Banyak bank yang gulung tikar. Banyak juga yang memilih merger untuk menghindari kepailitan.

Usaha penyehatan kondisi keuangan nasional yang dilakukan Bank Indonesia, akhirnya menuai hasil dalam jangka panjang. Bentuk real dari upaya ini terlihat dari terbentuknya BLBI (bantuan likuiditas Bank Indonesia). Walaupun lembaga ini juga menuai sorotan karena terlibat dalam kasus Century.

Bank Indonesia sebagai bank sentral negara diinginkan banyak pihak dapat bertindak independen, bebas dari berbagai kepentingan politik dan golongan. Menurut amanat Undang-undang, Bank Indonesia dinahkodai oleh seorang gubernur yang ditunjuk oleh Presiden dan DPR. Presiden tidak memiliki memampuan untuk mencampuri kebijakan Bank Indonesia, dalam kondisi apapun.

Di masa depan, peranan Bank Indonesia akan bertambah penting. Tugas yang diembannya pun akan semakin berat. Faktor sumber daya manusia yang mengelola Bank Indonesia patutnya menjadi atensi segenap pihak. Setelah puluhan tahun berdiri, Bank Indonesia secara umum memiliki kinerja yang baik. Baik itu dalam menjaga kestabilan nilai tukar rupiah dan menjaga kesehatan perbankan nasional. Walaupun namanya kembali tercoreng karena terikut dalam kasus politik seperti Century dan kasus korupsi lainnya.

1 komentar untuk "Tentang Bank Indonesia"