Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Andalkan Iklan

Lompo Ulu - Tips dan Trik Blog. Jangan Andalkan Iklan. Sebenarnya memasang iklan pada blog tidak salah. Karena hal itu merupakan hak masing-masing blogger. Yang kurang tepat adalah menggunakan iklan sebagai satu-satunya jalan memonetisasi blog.


Mengapa saya katakan kurang tepat. Karena pemasukan dari iklan PPC sangat dipengaruhi oleh traffic, yaitu jumlah pengunjung blog kamu. Mungkin kita ngiri liat Darren Rowse (Problogger) yang tiap hari didatangi 500.000 orang. Atau blog nya Diana Rika Sari, yang sudah cukup lama bercokol di peringkat 1 ranking Indonesian Matters.

Padahal kalau kamu mau cermati. Pemasukan utama mereka bukanlah dari iklan PPC. Darren Rowse, penghasilan terbesarnya adalah dari program afiliasi dan penjualan produknya. Diana Rikasari sering dapat job sebagai pembicara atau reviewer fashion. Iklan PPC adalah hanyalah sebagian kecil dari pemasukan mereka.

Kekurangan lain dari iklan PPC, khususnya dari Indonesia, adalah kebanyakan materi iklan ini belum teruji. Lihatlah sidebar atau widget html tempat kamu pasang iklan. Iklan apa yang muncul di sana. Yang paling sering muncul biasanya MLM, HYIP atau alat bantu s*ks. Pengunjung yang mengklik iklan dan menggunakan produk tersebut akan menghubungkannya dengan blog kamu. Untung kalo programnya benar dan bikin untung. Nah kalau salah dan bikin rugi, bisa-bisa kamu yang dituduh merugikan mereka. Ujung-ujungnya adalah reputasi kamu tercoreng. Orang-orang tidak akan mau lagi berkunjung ke blog kamu karena mereka tidak percaya lagi sama yang kamu tawarkan.

Jadi, pikirkan baik-baik. Jangan hanya mengandalkan iklan PPC sebagai pemasukan blog kamu.

10 komentar untuk "Jangan Andalkan Iklan"

  1. iya mas, saya lum pasang iklan juga di blog. dulu pasang tapi ga ada yang klik :D

    BalasHapus
  2. makanya saya ga pernah pake ppc :D
    tapi adsense iya :D

    BalasHapus
  3. Mas Andre, makanya iklan yang saya pasang seadanya saja.
    Oh iya, saya dari tadi mau komen di blog nya mas andre tapi terhitung spam terus.

    BalasHapus
  4. Mas 9ede, kalo adsense mah mbahnya PPC, mas :D

    BalasHapus
  5. Setuju sama artikel ini. Saya gak pernah pasang iklan di blog. Hehehe...bersih dari komersial :)

    BalasHapus
  6. Ladeva, wah bersih nya blog kamu..
    saya suka..

    BalasHapus
  7. wah hebat yh blognya bisa di kunjungi 500.000 orang perhari, gimana tuh caranya? apa dari backlink atau tulisan yg menarik bisa seperti itu

    BalasHapus
  8. Tour and Travel, kombinasi dari konten yang bagus dan pengalaman, mas. Darren Rowse mungkin udah kayak Bapak-nya blogger sedunia.

    BalasHapus
  9. Terima kasih sudah berbagi artikel jangan andalkan iklan. artikelnya sangat jelas sekali maksud dan tujuannya (y) Salam Sukses

    BalasHapus
  10. BEtul juga ya. Adsense saya sampai sekarang belum nambah2 lagi nih... Hehehehe...

    BalasHapus