Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Ciri Orang Indonesia

25 Ciri Orang Indonesia. Suka ngaret, berorientasi keluarga dan tidak disiplin. Mungkin itulah ciri atau stereotipe umum tentang orang Indonesia. Mengapa saya tiba-tiba membahas tentang stereotipe? Hal ini berawal dari keingintahuan saya tentang salah satu tips blogging terkenal dalam dunia blogger.


"Make Website for People, then Search Engine will follows". Jika diartikan kurang lebih, "Buatlah sebuah website untuk manusia, lalu mesin pencari akan mengikuti". Maknanya, jika kamu ingin punya website yang terkenal dan bagus di mata Google, buatlah sebuah website yang disukai oleh banyak orang.

Bagaimana cara mengetahui website yang disukai banyak orang, jika kamu sendiri tidak tahu orangnya seperti apa? Dalam hal ini orang Indonesia. Seperti apakah orang Indonesia itu?

Pertanyaan ini yang membawa saya terdampar ke blog seorang pengelana Jerman bernama Christian Skoda. Orang Jerman ini ternyata seorang pengelana, hidup nomaden di era modern dan telah tinggal di banyak negara. Dalam tulisannya, Skoda menuliskan stereotipe tentang orang Indonesia, sebagai berikut:

Indonesians – fearful; neurotic; extroverted; conscientious; warm and friendly people; lazy; live for today – who cares about tomorrow; no planners; religious; family-oriented; supportive; invented the rubber-time/rarely on time; corrupt; superstitious; slow; inferior; polite; lacking discipline; use feeling not logic; do not follow rules; hypocritical; resistant to change; tolerant; low profile; unwilling to confront or give ‘bad news’; silent in meetings; can’t swim

Jika ditranslate, akan seperti ini:

Orang Indonesia - penakut, neurotik, ekstrovert, berhati-hati, ramah dan bersahabat, pemalas, hidup hanya untuk hari ini, tidak punya perencanaan, relijius, berorientasi keluarga, suka menolong, penemu jam karet/jarang tepat waktu, suka korupsi, tidak rasional, lambat, senang jadi pengikut, tata krama, kurang disiplin, menggunakan perasaan bukan logika, tidak mematuhi peraturan, toleran, rendah hati, tidak suka bermusuhan atau memberikan kabar buruk, diam dalam rapat dan tidak bisa berenang.


Kalo menurut saya, stereotipe orang Indonesia ini banyak benarnya juga loh. Bagaimana menurut kamu? Apakah sependapat? Tapi sebelumnya, perlu diketahui bahwa stereotipe hanyalah pendapat/prasangka secara umum. Ada negatif dan positifnya. Tulisan Skoda di atas saya harap banyak membantu teman-teman blogger dalam mengenali seperti apa orang Indonesia itu. Orang Indonesia adalah pembaca blog yang teman-teman blogger semua miliki. Orang Indonesia adalah kita.

5 komentar untuk "25 Ciri Orang Indonesia"

  1. Submit Your Site and Your Articles In http://ellysdirectory.com/
    and Boost Your SERP rank . Hurry get the Backlink

    BalasHapus
  2. hehe..ketawa aku lihat yang terakhir, kok org indonesia gak bisa berenang

    BalasHapus
  3. Masih kurang satu lagi, orang Indonesia mudah di kibulin alias gampang percaya informasi atau berita yang belum tentu kebenarannya. contohnya saya ini, kok ya percaya omongannya pengelana, kok bukan omongannya ilmuwan yg aku percaya gitu lho...! Bingung juga aku...! He...he...he...

    BalasHapus
  4. semua orang punya pendapat berbeda2 (persepsi), meski setelah aku baca memang sebagian stereotype itu benar, karena rata-rata memang Indonesia begitu, seperti nge-genk, ikut-ikutan dll.

    BalasHapus
  5. Terima kasih sudah berbagi info mengenai ciri - ciri orang Indonesia :)

    BalasHapus