Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan 2 Menit Untuk Paru-Paru Sehat

Tahukah kamu, bahwa terdapat kebiasaan (yang mungkin) sepele untuk mendapatkan paru-paru yang sehat. Tahukah kamu kebiasaan apakah itu?


Menyikat gigi.

Dua menit di pagi hari, dua menit di malam hari dan kesehatan paru-paru kamu akan terjaga dalam jangka panjang.

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa kesehatan gigi dan gusi saling berkaitan. Jelas saja, karena gigi nempel di gusi. Jadi, kalau salah satunya sakit, yang lain akan ketularan juga.

 Tapi, apakah kamu tahu bahwa kesehatan gusi juga mempengaruhi kesehatan paru-paru. Sebuah hasil penelitian terbaru menuliskan bahwa, penyakit gusi dapat menjadi awal bagi penyakit paru-paru yang cukup serius.

Mulut dan Paru-paru

Penelitian yang dilansir Yahoo Health di atas membuktikan bahwa penyakit gusi dapat secara langsung memicu PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik) dan Kanker Paru-paru.

Hasil penelitian ini didapatkan setelah mengamati bahwa para pasien penyakit paru dan PPOK di rumah sakit ternyata memiliki gangguan gusi dan gigi yang tinggi.

Mekipun belum diteliti lebih lanjut hubungan antara kesehatan mulut (gigi dan gusi) dan paru-paru. Tapi diketahui bahwa bakteri dari plak gigi yang terbawa masuk ke paru-paru akan memicu infeksi saluran pernapasan.

 

Artikel hasil penelitian ini nampaknya menganjurkan kita agar tetap menjaga kebiasaan menyikat gigi 2 kali sehari. Bahkan lebih baik, tiap selesai makan. Tujuannya tidak lain adalah menjaga kebersihan gigi dan gusi dari plak sisa makanan.

Siapa mengira ternyata kegiatan dua menit ini ternyata bermanfaat untuk kesehatan paru-paru

2 komentar untuk "Kebiasaan 2 Menit Untuk Paru-Paru Sehat"

  1. oh gitu yah !
    hehe...
    memang hal sepele yah !

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berbagi kebiasaan 2 menit untuk paru - paru sehat. Jadi menambah pengetahuan :)

    BalasHapus