Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Sumber Inspirasi Menulis

Lompo Ulu - Writing. 8 Sumber Inspirasi Menulis. Apa yang mau saya tulis? Bagi orang yang baru belajar menulis seperti saya, pertanyaan ini adalah pertanyaan yang selalu muncul di setiap hari. Kehabisan ide, pikiran mandek, kering inspirasi. Tapi saya pikir ini adalah pengalaman yang harus dialami setiap penulis. Baik itu penulis pemula maupun profesional. Pengalaman inilah yang membentuk kepribadian seorang penulis.
Dari pengalaman menulis saya yang baru seumur jagung, saya selalu mendapatkan inspirasi menulis dari sumber-sumber berikut:
1. Pengalaman pribadi
Pepatah mengatakan "Pengalaman adalah Guru Terbesar". Begitu pun dalam hal menulis di blog. Ide paling mudah didapatkan berasal dari pengalaman kita sendiri. Selama belasan tahun kita hidup, pasti kita memiliki berbagai pengalaman. Dengan menuliskan pengalaman ini dan membaginya di blog, orang-orang yang membacanya dapat belajar sesuatu dari pengalaman kita.
2. Google Insight dan Alexa What's Hot
Ini adalah cara lama tapi tetap ampuh untuk digunakan ketika kehabisan ide menulis. Google Insight merupakan halaman dari Google yang menyediakan informasi mengenai kata kunci yang dicari orang di internet berdasarkan letak geografis, kurun waktu dan bidang tertentu. Biasanya saya gunakan untuk riset kata kunci dari waktu ke waktu. Sedangkan Alexa What's Hot adalah halaman dari Alexa yang berisikan halaman yang paling populer di internet berdasarkan pengguna yang menggunakan Alexa Toolbar. Alexa What's Hot cocok digunakan untuk mengetahui isu yang up to date di internet karena selalu di di update per lima menit.
3. Yahoo Answer
Yahoo Answer atau web tempat bertanya sejenisnya merupakan cara alternatif untuk mengetahui masalah apa yang sering ditanyakan orang di internet. Disinilah kita dapat membantu, dengan menjawab permasalahan yang kita kuasai di blog kita.
4. Blog ber-niche sama
Blog kita adalah satu diantara sekian banyak blog yang ada di blogosphere. Dengan bersosialisasi dengan blogger yang lain, khususnya dengan blog bertema sejenis kita dapat memperoleh banyak masukan dan ilmu yang berguna untuk dijadikan bahan tulisan.
5. Majalah
Tahukah kamu kesamaan majalah dan blog. Mereka memiliki niche. Setiap majalah pasti memiliki kata kunci tertentu dan segmen pembaca tertentu. Bacalah majalah yang memiliki tema yang sama dengan blog kamu dan dapatkan isu /masalah menarik dalam majalah teresebut untuk di dibahas dalam blog.
6. Buku Favorit
Bagaimana menurut kamu buku yang bagus itu? Apakah buku yang mampu membuat anda membacanya berulang-ulang? Bagi saya buku yang bagus akan membuat anda seperti kehilangan seorang teman ketika selesai membacanya. Ada sesuatu dalam buku itu yang selalu saya ingat. Tuliskan hal tersebut dalam blog kamu agar orang lain juga tahu keistimewaan buku yang kamu baca.
7. Forum Online
Saya adalah seorang anggota Kaskus, salah satu forum online terbesar di Indonesia. Di Kaskus, orang-orang yang memiliki hobi/minat yang sama akan berbagi, berkumpul, bersosialisasi dan beraktifitas. Dari pergaulan dalam suatu forum, kita akan mendapatkan berbagai ide dan inspirasi yang layak untuk ditulis.
8. Lagu
Sebagai salah satu bentuk ekspresi, sebuah lagu membawa pesan yang terdapat dalam liriknya. Pesan ini yang kemudian diterima oleh pendengar dan dipahami. Bagaimana kamu menangkap dan mengartikan pesan tersebut merupakan sebuah bahan tulisan yang dapat kamu tulis di blog.

Sekarang, biarkan inspirasi itu datang dan katakan inspirasi kamu datang dari mana?

2 komentar untuk "8 Sumber Inspirasi Menulis"