Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Postingan Kamu Dibaca Blogger Lain?

Lompo Ulu – tips dan trik blog. Mau Postingan Kamu Dibaca Blogger Lain? 
Apapun tujuan kamu ngeblog, trafik adalah sebuah kata sakti. Trafik yang tinggi akan meningkatkan peluang iklan kamu untuk diklik. Trafik yang tinggi dapat berarti postingan kamu dibaca oleh banyak orang, termasuk oleh blogger lain.
Pada postingan kali ini saya akan membagi saran yang saya baca pada myblog2day, tentang salah satu cara untuk meningkatkan traffik, yaitu dengan posting kompilasi link.

Posting kompilasi link (Link roundup post) adalah postingan pada blog kamu yang berisi beberapa link ke blog orang lain. Rob menyebutkan bahwa strategi ini sangat bagus untuk mendatangkan traffic apabila link tersebut mengarah ke blog yang engine nya Wordpress. Karena blogger yang kamu link akan mengetahui hal ini lewat “trackback” pada halaman dashboard mereka.

Ketika blogger lain tahu kamu  membuat link ke mereka, akan ada beberapa kemungkinan.

Pertama, mereka akan berkunjung ke blog kamu dan membaca postingan kamu yang berisi link ke mereka. Mereka tertarik dan senang dengan postingan kamu. Menyebutkan kamu di blog mereka,lalu membuat link balik ke blog kamu di blog mereka.

Kedua, mereka berkunjung ke blog kamu dan membaca postingan kamu, lalu pergi tanpa meninggalkan komentar (mungkin postingan kamu tidak menarik atau mereka tidak punya waktu)

Ketiga, mereka tidak berkunjung  ke blog kamu sama sekali.

Berharaplah semoga kemungkinan ketiga tidak terjadi..hehe.

Seperti yang kamu liat dari tiga kemungkinan di atas,strategi ini sangat dipengaruhi oleh mutu postingan kamu sendiri. Jadi, lakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Googling tentang tema yang kamu angkat pada postingan ini.

Cara terbaik dalam membuat postingan kompilasi link adalah dengan menyusun daftar yang berisi sepuluh blog pada niche kamu yang senang kamu baca. Apakah kamu ingin menjelaskan mengapa kamu suka membaca blog tersebut atau mungkin kamu melihat beberapa perbaikan yang perlu dibuat pada blog favorit kamu. Kembali ke diri kamu sendiri.

Di antara ketiga saran yang Rob berikan pada postingannya, saya lebih suka dengan cara membuat kompilasi link.

Alasan saya yang pertama adalah lebih orijinal, karena kamu membicarakan pendapat kamu sendiri tentang blog yang kamu suka. Sehingga postingan yang tercipta adalah konten yang asli pendapat kamu, bukan hasil kopas atau spinning.

Alasan yang kedua adalah kita berkesempatan untuk lebih akrab dengan blogger favorit kita. Sebutlah nama (nama asli atau nama “dunia maya”) blogger idola kamu dalam postingan yang kamu buat. Seolah-olah kamu ngobrol langsung dengan blogger yang bersangkutan. 

Dengan menyebut nama mereka, blogger tersebut perhatiannya akan teralih dan ingin tahu apa yang kamu bicarakan tentang blog mereka.
 
Dan kembali lagi, berharaplah semoga kemungkinan ketiga tidak terjadi..hehe.

image source : flickr

11 komentar untuk "Mau Postingan Kamu Dibaca Blogger Lain?"

  1. saya setuju dengan anda, kalau saya membookmark feed blog yang saya sukai, dan tidak ada salahnya memberikan pendapat ketika kita membaca konten blog orang...info yang menarik..

    btw saya juga orang makassar bos :)

    BalasHapus
  2. pastinya semua orang mau postingnya di baca blogger lain. thanks buat infonya.

    BalasHapus
  3. weeeh ,,boleh juga nic strategi perangx kwn.. heee

    BalasHapus
  4. Saya pernah bikin di sini: http://isnuansa.com/7-blog-yang-selalu-saya-baca/

    Nggak berharap sih didatangi sama Darren atau Daniel Scocco, tapi lumayan rame juga kok yang baca tulisan itu. :)

    BalasHapus
  5. Wah, boleh juga tuh sarannya.. Seperti yang ada di postingan mbak Isnuansa tentang 7 blogger yang menjadi favoritnya. Oke deh, saya akan mencoba memposting beberapa blogger yang menjadi favorit saya..
    Postingan yang oke :)

    BalasHapus
  6. wah, bisa nih minta bimbingan (secara saya blogger baru) hahaha ^^

    http://sucinabbila.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Kompilasi link termasuk masih jarang saya lakukan di blog. Pernah sih, tapi jarang, hehe...

    BalasHapus
  8. Konsep trackbak ini menurut saya yg paling ampuh. Ini setidaknya lebih diperhatikan ketimbang hanya berkomentar. Dgn trackback berarti artikel kita diakui dan dijadikan referensi oleh blogger lain, dan secara langsung maupun tidak, kita pun jadi respect dan memperhatikan blog yg bersangkutan.

    Pendapat yang lain?

    BalasHapus
  9. Terima kasih sudah berbagi mengenai "Mau postingan kamu dibaca blogger lain"
    Salam sukses :)

    BalasHapus
  10. Mantab, bisa jadi referensi agar tulisan-tulisan saya lebih banyak yang membaca.

    BalasHapus