Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membentuk Kaki (Footer) Yang Seksi

Lompo Ulu - Tips dan Trik Blog. Footer, bagusnya diisi apa? Apa ada patokan soal Footer yang bagus? Pertanyaan ini biasanya muncul ketika seorang blogger selesai mendesain header, sidebar dan body dari blog.

Sebagai bagian halaman yang paling akhir dilihat, footer kadang dipandang sebelah mata. Terkadang diisi dengan widget ala kadarnya atau malah dibiarkan kosong melompong. Padahal footer merupakan bagian penting dari sebuah blog.

Fungsi Footer
Dalam media cetak atau media online, footer memiliki fungsi yang sama. Yakni sebagai fine print atau cetakan kecil. Fine print berfungsi memberikan gambaran, persyaratan dari sebuah produk, penawaran, layanan atau website. Contohnya begini (klik gambar untuk lebih jelas)

fine print wikipedia
Pada contoh footer di atas, diterangkan bahwa "tulisan di Wikipedia diatur oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike License; penjelasan tambahan lihat Aturan Penggunaan selengkapnya. Wikipedia® adalah merek dagang berizin milik Wikimedia Foundation, Inc., sebagai organisasi non profit."

Fungsi fine print juga memuat segala aturan penggunaan serta data-data penting lainnya yang dapat melindungi pemilik web/blog dari tuntutan hukum akibat penggunaan suatu blog.

Isi Footer Yang Baik
Menjawab pertanyaan di atas, footer yang baik umumnya berisi unsur-unsur sebagai berikut :
1. Copyright Information. Informasi hak cipta berguna untuk melindungi ide kreatif atau hasil karya seseorang.
2. Disclosure Policy. Unsur ini mesti ada pada blog paid review atau ketika menjelaskan suatu barang di blog.
3. Privacy Policy. Selama kita mengumpukan data/informasi tentang pengunjung kita melalui subscriber atau form komentar, maka unsur Kebijakan Privasi harus ada.
4. Attribution. Atribusi berisi penyebutan pihak-pihak yang telah membantu dalam membuat dan menyusun blog/web.
5. Contact Information. Berisi informasi bagaimana cara pembaca dapat menghubungi blogger/admin suatu website.

Jadi, footer adalah elemen halaman yang tidak boleh disepelekan. Karena footer merupakan tempat berbagai informasi, kebijakan atau aturan tentang blog/website milik kita. Setuju? Bagaimana pendapat anda?

3 komentar untuk "5 Cara Membentuk Kaki (Footer) Yang Seksi"

  1. Kebetulan saya lagi cari-cari contoh footer kemarin, nggak nemu yang menarik atau informatif. Eh, giliran tidak sedang mencari ketemu tulisan kamu :) Thx, ada tambahan informasi untuk saya masukkan ke footer saya.

    BalasHapus
  2. Leo, baguslah kalau kamu terbantu. Terima kasih kembali.

    BalasHapus
  3. Artikel yang dibagi sangat jelas sekali, sehingga pembaca mudah paham maksud dan tujuannya.
    Terima kasih sudah berbagi dan salam sukses (y)

    BalasHapus