Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Implementasi Menurut KBBI dan Para Ahli

pengertian implementasi
Lompo Ulu - Pengertian implementasi menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pelaksanaan atau penerapan. Dalam hal ini, implementasi diartikan sebagai sebuah pelaksanaan atau penerapan kurikulum yang telah dirancang atau didesain dan dijalankan secara keseluruhan.

Selain pengertian dari KBBI, para ahli juga memiliki banyak sekali pengertian dan penjelasan mengenai istilah yang sering dipakai dalam dunia pendidikan ini. Berikut penjelasan detailnya;


Pertama, berhubungan dengan proses

Implementasi didefinisikan sebagai sebuah hal yang  berhubungan dengan proses. Artinya, implementasi merupakan sebuah hal yang dilakukan untuk mentransfer sebuah ide atau gagasan yang telah lebih dulu muncul. Termasuk dalam hal ini adalah program-program dan harapan.

Program dan harapan ini kemudian dibentuk menjadi sebuah kurikulum yang harus dilaksanakan. Dalm hal ini, implementasi mampu mendeskripsikan dan mendemonstrasikan metode pengajaran baru yang akan diterapkan di dunia pendidikan.

Kedua, berhubungan dengan penyempurnaan

Di sinilah terjadi interaksi antara pencetus ide (kurikulum atau program) dengan praktisinya langsung, dalam hal ini adalah guru. Jadi bisa diartikan bahwa pengertian implementasi dalam hal ini merupakan penyempurnaan program yang telah dibuat.

Nah, komunikasi antara guru dan pembuat program sangatlah penting di sini, mengingat sebuah kurikulum tidak akan bisa terlaksana dengan baik jika tidak ada komunikasi dan kesinambungan antara pencetus ide dengan guru sebagai praktisi.

Ketiga, sebuah program kurikulum

Selanjutnya proses implementasi dilaksanakan terus menerus dan selalu diikuti perkembangannya. Termasuk dengan mengadopsi program-program yang sebelumnya telah dibuat dan direncanakan. Selanjutnya, program-program ini juga perlu didokumentasikan agar lebih jelas dan dapat dipahami semua kalangan. 

Selanjutnya, dari pengertian implementasi di atas dapat dilihat bahwa ketidaksinkronan antara ide dengan pelaksanaan akan menyebabkan sebuah hal yang tidak baik. Masalah besar akibat ketidaksamaan antara ide dengan implementasi ini haruslah dihindari.

Jika tidak, maka akan terjadi hal yang sangat percuma atau sia-sia (antara rancangan dengan implementasi). Jika diibaratkan, rancangan dan implementasi seperti sebuah garis lurus yang linear dan harus dilaksanakan secara sejalan. Untuk itu, perlu kiranya memberikan pengetahuan kepada seluruh praktisi lapangan atas ide yang telah dibuat.

image source

3 komentar untuk "Pengertian Implementasi Menurut KBBI dan Para Ahli"