Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Kriteria Pemimpin Yang Baik

Lompo Ulu - Orang bebas mendeskripsikan kriteria pemimpin yang baik bagi mereka. Akan tetapi mau tidak mau tetap harus ada dasar yang kuat bagi seseorang untuk memunculkan ide kriteria tersebut. Hal ini karena seorang pemimpinlah yang akan membawa sebuah organisasi berjalan dan bertujuan jelas.

Maka dari itu, pengetahuan dasar tentang memilih pemimpin yang baik ini sangatlah penting dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Tidak mungkin bukan jika kriteria pemimpin hanya dibuat berdasarkan nafsu dan keinginan pribadi saja?

Inilah 7 kriteria pemimpin yang baik yang harus Anda ketahui;


Tidak hanya pemimpin untuk sebuah daerah atau kota, pemimpin juga berarti pemimpin untuk diri sendiri dan keluarga. berikut kriterianya;

Pertama, mampu mengembangkan bawahan

Pemimpin yang baik bisa ditunjukkan dengan kemampuannya untuk mengembangkan bakat dan kemampuan dari orang yang dipimpin. Sehingga bisa diajak untuk membangun organisasi atau Negara bersama-sama. Bukan malah menjadi pribadi yang hanya memberi apa pun yang diminta oleh rakyatnya.

Kedua, menjadi teladan yang baik

Seorang pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu memberikan teladan yang baik bagi bawahannya. Pemikiran, sifat, sikap, dan tindakan positif bisa menjadikan bawahannya semakin terinspirasi.

Ketiga, cepat dan tepat dalam menangani sebuah masalah

Tidak hanya dalam menangani sebuah masalah, dalam mengambil keputusan pun juga harus cepat da tepat. Hal ini akan membuat masalah tidak berlarut-larut dan menjadi semakin rumit.

Keempat, mampu mencairkan suasana

Kriteria pemimpin yang baik keempat adalah dapat mencairkan suasana, bisa jadi dengan banyolan dan joke yang tidak kaku. Hal ini penting, karena dalam sebuah pekerjaan atau organisasi dibutuhkan hal-hal yang mampu menyegarkan suasana agar tidak terlalu tegang dan malah cenderung stres.

Kelima, percaya diri

Percaya diri bukan berarti tinggi hati atau sombong, sebaliknya kepercayaan diri seharusnya dapat membangun keberaniannya saat tampil di depan umum. Tidak hanya itu, rasa percaya diri ini juga seharusnya dapat membuat anak buah juga ikut percaya diri. Apalagi saat genting, krisis, dan krusial terjadi dalam organisasi, tentu saja seorang pemimpin dituntut untuk tetap tenang dan bisa menenangkan anak buahnya.

Keenam, pandai dalam berkomunikasi

Seorang pemimpin sudah seharusnya menjadi penyampai yang baik, dialah yang memberikan pengarahan kepada anak buah atau bawahannya sehingga organisasi dapat berjalan dengan baik. Jika dianalogikan pada pemimpin sebuah Negara, sudah selayaknya mereka mampu berkomunikasi dengan Negara lain agar tercipta kerja sama yang baik antara kedua Negara untuk kepentingan rakyat.

Ketujuh, mampu memilih orang yang tepat

Seorang pemimpin tidak harus melakukan semua tugas sendirian, dia harus memiliki supervisi di bawahnya yang akan membantu kinerja yang lebih baik. Nah, di sinilah tugas seorang pemimpin diuji. Mereka harus pandai meletakkan bawahannya pada pos-pos yang sesuai dan tepat untuk anak buahnya.

Demikian tujuh kriteria pemimpin yang baik, masih ada kriteria lain seperti dihormati oleh bawahannya, mampu mengambil hati bawahannya dan dicintai.

image source

6 komentar untuk "Inilah 7 Kriteria Pemimpin Yang Baik "

  1. Sepertinya sulit mendapatkan pemimpin yang ideal seperti disebutkan diatas untuk zaman sekarang ini. Orang lebih mendefinisikan pemimpin sebagai penguasa yang bisa melakukan apa saja yang dikehendaki.

    BalasHapus
  2. pemimpin sekrang kabanyak pencitraan,,seperti pencitraan blusukan,tapi karya nyata gak ada..

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah berbagi 7 kriteria pemimpin yang baik :)

    BalasHapus