Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Negara Maju yang Harus Diketahui

ciri negara maju
Lompo Ulu - Negara maju selalu dibandingkan dengan Negara berkembang, maka tak heran jika informasi mengenai ciri-ciri Negara maju dan Negara berkembang selalu menjadi perhatian.

Negara maju bisa dibilang sebagai kakak atau tingkat lanjut dari Negara berkembang. Secara umum, Negara berkembang sendiri adalah sebuah Negara yang berhasil merdeka dari Negara maju.

Sudah bisa dipastikan banyak Negara berkembang salah satunya Indonesia menginginkan naik kelas menjadi Negara maju. Dan untuk mencapainya, banyak sekali usaha yang dilakukan oleh Negara berkembang tersebut.

Lalu, apa sebenarnya Negara maju dan apa saja ciri-ciri Negara ini?

Pengertian Negara Maju


Istilah Negara maju lebih dikhususkan untuk memisah antara perkembangan perekonomian Negara-negara di dunia. Istilah ini disandangkan pada Negara-negara yang telah memiliki kehidupan ekonomi yang baik dan ditunjang dengan kondisi-kondisi lain dalam pemerintahan.

Secara khusus, sebuah Negara bisa dikatakan maju jika bisa mendominasi sektor industri ketiga dan keempat. Seperti diketahui, sektor industri sendiri terbagi dalam 4 kelompok berbeda, yakni:

a. Sektor industri pertama
Di sini terjadi proses industry di mana sumber daya alam dibuat atau diubah menjadi barang setengah jadi untuk proses industri selanjutnya. Seperti, pertanian, kehutanan, pertambangan, dan agribisnis.

b. Sektor industri kedua
Di sini terjadi proses pengolahan barang setengah jadi menjadi barang yang jadi dan siap untuk digunakan seperti industri manufaktur dan konstruksi.

c. Sektor industri ketiga
Di sinilah terbentuk industri servis atau jasa. Sebuah industri yang sudah mengedepankan pelayanan seperti distribusi barang, grosir, bisnis dalam bidang telekomunikasi, hiburan, restoran, dan pariwisata.

d. Sektor industri keempat
Di sini, pengelolaan industri jasa sudah matang sehingga dapat tercipta sebuah bisnis jasa atau servis yang jauh lebih kuat dan bersifat intelektual. Yang sudah masuk dalam kategori ini adalah bisnis pendidikan, konsultasi, kesehatan, penelitian dan pengembangan, dan lain sebagainya.

Pendapatan yang dicapai dari sektor industri ketiga dan keempat sangatlah besar. Inilah yang kemudian menjadi penunjang keberhasilan sebuah Negara berkembang untuk bangkit menjadi Negara maju.

Negara maju bisa Anda lihat pada Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia, Denmark, Inggris, dan lain-lain.

Ciri-ciri Negara Maju


Untuk mengetahui detail tentang Negara maju, berikut ciri-ciri Negara maju untuk Anda;
  1. Tingkat pertumbuhan penduduk cenderung lebih rendah dibanding Negara berkembang
  2. Persebaran penduduk di perkotaan jauh lebih tinggi
  3. Penyandang buta huruf hampir tidak ada
  4. Pendapatan per kapita Negara sangat tinggi
  5. Kualitas hidup yang tinggi
  6. Pelayanan kesehatan sangat baik dan terjamin
  7. Tingkat kemiskinan sangat rendah
  8. Kualitas pendidikan yang sangat bagus
  9. Berbeda dengan Negara berkembang yang lebih dominan bergerak di bidang pertanian, penduduk Negara maju lebih banyak berbisnis di sektor industri 3 dan 4.

Dengan mempelajari pengertian dan ciri-ciri Negara maju ini, Negara berkembang dapat menentukan cara terbaik untuk menjadi Negara maju di dunia.

image source

7 komentar untuk "Ciri-Ciri Negara Maju yang Harus Diketahui"

  1. Terima kasih sudah berbagi ciri - ciri negara maju :)
    Salam sukses ..

    BalasHapus
  2. Kapan ya, negara kita bis menjadi negara maju? Hehehe...

    Salam dari seberang, dari sebuah negara yang ada di dalam gambar artikel di atas. :)

    BalasHapus
  3. hmm ciri cirinya ga masuk ke indo semua :D

    BalasHapus