Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menjaga Pernikahan Tetap Langgeng dan Bahagia

Cara Menjaga Pernikahan Tetap Langgeng dan Bahagia
Lompo Ulu. Hubungan asmara yang bahagia dan bertahan lama merupakan dambaan setiap pasangan. Terlebih jika hubungan ini sudah dijalani selama bertahun-tahun. 

Tujuan hidup yang lebih matang dan bahagia tentunya ingin dimiliki pasangan. Akan tetapi, hubungan yang langgeng dan bahagia itu tidak dialami oleh semua pasangan. 

Meskipun telah berhubungan cukup lama, hubungan asmara bisa saja kandas di tengah jalan. Bukan saja oleh pasangan yang belum menikah, pasangan yang sudah menikah pun dapat mengalaminya. 

Alangkah bagusnya hubungan asmara itu tetap dijaga agar kehidupan percintaan bisa selalu harmonis. Apakah Anda menginginkan hubungan asmara yang bahagia dan bertahan lama? 

Dikutip dari Boldsky.com, berikut cara supaya hubungan pernikahan tetap langgeng dan bahagia

1. Jangan mendikte pasangan 
Setelah menikah, sebaiknya Anda tidak mendikte pasangan untuk selalu mengikuti semua keinginan Anda. Jika hal tersebut terjadi, maka bisa membuatnya merasa jengkel hingga menimbulkan pertengkaran. Oleh karena itu, hindari hal tersebut dan percayalah pada pasangan supaya hubungan pernikahan tetap berjalan harmonis. 

2. Selalu menjalin komunikasi 
Komunikasi amat penting dijalin saat seseorang sedang menjalin hubungan cinta. Dengan terjalinnya komunikasi tentunya meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Oleh karena itu, setiap pasangan disarankan agar lebih terbuka dengan pasangan. Jika ada sesuatu hal yang kurang disenangi, maka katakanlah secara wajar. Jangan menyimpannya untuk diri sendiri saja. 

3. Menerima kekurangan pasangan 
Anda perlu tahu bahwa setiap manusia tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda sebaiknya menerima kenyataan jika pasangan terlihat tidak sempurna di mata Anda. Jangan melihat keburukannya saja. Lihatlah segala kelebihan yang dimiliki dan rasa cintanya kepada Anda. 

4. Menjaga keintiman 
Keintiman merupakan salah satu faktor penting dalam rumah tangga. Tanpa unsur keintiman, pernikahan bisa berjalan tidak harmonis. Untuk itu, pastikan Anda dan pasangan tetap menjaga keintiman. Jangan biarkan kesibukan kerja mengurangi keintiman dalam hubungan rumah tangga Anda. 

5. Jangan membatasi ruang geraknya 
Walaupun telah menikah, sebaiknya Anda tidak membatasi ruang geraknya. Biarkan pasangan tetap nongkrong dan bersosialisasi dengan teman-temannya dan melewati waktu tanpa Anda. Hal ini dapat Anda lakukan untuk mencegah kebosanan dan kejenuhan. 

Jadi, sudah tahu kan tips untuk menjaga hubungan pernikahan tetap langgeng dan bahagia. Pada pokoknya, Anda dan pasangan harus bisa menjaga mahligai pernikahan itu dengan berbagai bentuk. Jangan biarkan hubungan pernikahan kandas hanya karena ada kesalahpahaman.

11 komentar untuk "5 Cara Menjaga Pernikahan Tetap Langgeng dan Bahagia"

  1. wah tips yang bermanfaat gan,semoga menjadi ilmu yang bermanfaat. kunjungi balik gan yaaa..

    BalasHapus
  2. Anda benar, jika semua opsi diatas tetap dilakukan di jaga, semoga keharmonisan keluarga tetap terjaga setiap saat.
    salam kenal

    BalasHapus
  3. Hmm, buat bekal nih kalau saya sudah berkeluarga nantinya

    BalasHapus
  4. tipsnya sungguh bermanfaat gan, semoga bermanfaat untuk kita semua
    by
    cincin kawin

    BalasHapus
  5. Pernikahan saya sudah 3 tahun berjalan... masih muda kan, semoga dengan baca tips ini menambah ilmu saya tentang membina rumah tangga.

    BalasHapus
  6. sangat2 bermanfaat sekali. terima kasih infonya.

    BalasHapus
  7. wah sangat bermanfaat. makasih tips nya

    BalasHapus
  8. waaahhh semoga saja langgeng teruss

    BalasHapus