Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Melahirkan Normal Yang Praktis Dan Alami

foto gambar ibu hamil tips persalinan normal
Melahirkan secara normal adalah harapan sebagian besar ibu, walaupun ada juga yang lebih memilih untuk melahirkan dengan operasi Caesar karena berbagai alasan. Artikel berikut akan memberikan informasi kepada Anda tentang tips melahirkan secara normal.

5 Keuntungan Melahirkan Normal


Melahirkan secara normal sangat penting sekali untuk diprioritaskan, karena akan memberikan berbagai keuntungan, antara lain :
  1. Melahirkan secara normal itu minim resiko, contohnya terhindar dari pendarahan berlebihan atau infeksi pada jahitan yang dapat terjadi pada persalinan secara Caesar.
  2. Biaya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan melahirkan secara operasi Caesar, 
  3. Proses pemulihan pasca melahirkan relatif lebih cepat jika dibandingkan ibu yang melakukan persalinan Caesar.
  4. Perasaan menjadi seorang ibu akan terasa sempurna setelah berhasil melahirkan secara normal. Perasaan ini tidak akan bisa dibayar dengan hal lainnya
  5. Melahirkan secara normal lebih alami, karena secara biologis akan memicu tubuh untuk memproduksi kolustrum agar menghasilkan ASI.

Karena sangat pentingnya melahirkan secara normal, maka kita perlu melakukan beberapa persiapan saat menjalani masa kehamilan.

Persiapan Selama Mengandung


Persiapan yang dimaksud adalah persiapan agar bisa melahirkan secara normal, antara lain :
  1. Disarankan untuk melakukan kontrol rutin selama dari bulan ke bulan  kehamilan. Hal ini untuk mengetahui kondisi kesehatan janin.
  2. Menjaga kondisi tubuh dalam keadaan fit,
  3. Minum makanan serta minuman yang mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan bayi dan ibu hamil,
  4. Lakukan senam hamil, untuk memberikan kebugaran kepada ibu hamil dan memberikan bantuan agar perkembangan bayi yang berada dalam kandungan bisa berjalan lancar dan normal. Selain itu, banyak banyak jalan kaki, karena bisa membuat perkembangan bayi dalam kandungan semakin baik.
  5. Kendalikan tingkat stress dan tekanan darah, karena hal tersebut akan membuat proses melahirkan terganggu. Karena itu, agar proses melahirkan tanpa rasa sakit atau tidak terlalu sakit, sang ibu perlu mengendalikan tingkat stressnya.
  6. Pelajari dan serap berbagai informasi yang dibutuhkan mengenai bayi, ibu serta proses kehamilan yang normal dan wajar.

Cara Menjalani Persalinan Secara Normal


Untuk masalah ini semua pasti sudah mengetahui, terlebih lagi untuk wanita yang menjalani proses melahirkan yang ke sekian kali. Namun, sebagai gambaran untuk yang belum tahu, cara menjalani persalinan secara normal memerlukan tahapan seperti pembukaan mulut rahim, proses pengeluaran bayi dari lubang vagina, hingga keluarnya bayi tersebut.

Itulah sedikit penjelasan tentang proses melahirkan dan kumpulan tips agar bisa melahirkan secara normal dan lancar. Semoga kiat yang diberikan bisa membuat Anda lebih memiliki persiapan menyambut proses persalinan yang akan dihadapi.

image credit to imagerymajestic

3 komentar untuk "Tips Melahirkan Normal Yang Praktis Dan Alami"