Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

speaking talking dan communicating sebagai cara belajar bahasa inggris
Ketika mempelajari suatu hal dalam rangka meningkatkan skill atau kemampuan diri, biasanya orang lebih mencari cara-cara belajar yang lebih mudah dan cepat saking inginnya untuk menjadi ahli dalam bidang ilmu yang diinginkannya tersebut. Sama halnya dalam belajar bahasa inggris, apalagi yang masih pemula, biasanya selalu mencari tips-tips atau teknik belajar yang mudah untuk mempelajari bahasa Inggris tersebut.

Nah, di artikel kali ini anda akan menemukan cara mudah belajar bahasa Inggris bagi pemula agar segera mahir dan lancar dalam berbahasa Inggris. Namun perlu dipahami bahwa meskipun cara ini mudah, anda tetap dituntut untuk terus berlatih dan berlatih agar kemampuan berbahasa Inggris anda lebih matang.

Mengapa Banyak Orang Gagal dalam Belajar Bahasa Inggris?


Sebelumnya perlu dipahami bahwa sebenarnya menguasai bahasa Inggris yang merupakan bahasa pengantar No. 1 di dunia ini tidaklah sulit. Apalagi di tengah zaman yang semakin modern, dengan lahirnya berbagai macam teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih mudah. 

Tapi sayang, masih banyak orang-orang yang gagal dalam menguasai bahasa Inggris, meskipun mereka sudah mencoba berbagai cara untuk menguasai bahasa Inggris. Nah, sebenarnya apa sih yang menyebabkan mereka gagal?

Jika ditinjau dan diamati, ternyata alasan yang menjadi penyebab kegagalan mereka dalam menguasai bahasa Inggris sangatlah sederhana, yaitu mereka hanya menjadikan bahasa Inggris sebagai ilmu pengetahuan biasa dan tidak menjadikan bahasa Inggris sebagai suatu keterampilan yang memang menjadi kebutuhan dalam hidupnya. Bagi mereka yang gagal, mereka menganggap bahasa Inggris ini sama dengan mata pelajaran atau ilmu pengetahuan yang lainnya seperti ekonomi, geografi, biologi, dan sebagainya.

Alasan lain yang menyebabkan kegagalan menimpa mereka adalah karena mereka tidak menemukan metode dan cara belajar bahasa Inggris yang tepat.  Hal ini dapat menjadi fatal apabila mereka telah menghabiskan uang dan waktu, namun tetap gagal. Sangat disayangkan, bukan? Dan cara-cara berikut ini mungkin dapat menjadi salah satu solusi khususnya bagi para pemula yang ingin menguasai bahasa Inggris.

Inilah Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula


Sebagai pemula dalam belajar bahasa Inggris, anda harus :

1. Mengetahui komponen-komponen Bahasa Inggris, antara lain:

Kosa kata (vocabulary), maksudnya adalah anda perlu menghapal kosa kata dalam bahasa Inggris secara bertahap. Anda dapat melakukannya setiap hari semampu yang anda bisa. Sebagai contoh, 10 kosa kata per hari.

Ilmu pengucapan (pronunciation), maksudnya adalah anda perlu mempelajari dengan benar cara pengucapan kosa kata yang telah anda hapal dengan benar.

Ilmu tata bahasa (grammar), setelah anda menguasai cara pengucapan maka langkah selanjutnya adalah belajar cara untuk menggabungkan kata demi kata dalam bahasa Inggris sehingga menjadi satu kalimat sesuai aturan tata bahasa dalam bahasa Inggris. Tenses merupakan salah satu fokus dalam bagian ini.

Mendengar (listening), maksudnya adalah selain anda menguasai ketiga komponen di atas, anda perlu latihan untuk mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan oleh orang lain dalam bahasa Inggris. Hal ini diperlukan karena komunikasi yang alami itu terjadi dalam dua arah, ada yang berkata dan ada yang mendengar. Dalam tahapan ini, anda menempatkan diri sebagai pendengar.

Membaca (reading), membaca tulisan-tulisan atau artikel dalam bahasa Inggris sangat bermanfaat. Sekaligus dapat menambah kosa kata yang anda kuasai dan mendapatkan penemuan-penemuan baru tentang berbagai bentuk kalimat dalam bahasa Inggris yang akhirnya akan memperkaya skill anda dalam berbahasa Inggris.

Berbicara (speaking), berbicara dalam bahasa Inggris ini membutuhkan keberanian dan keyakinan. Yakinlah anda akan bisa berbahasa Inggris dengan lancar meskipun pada awalnya anda belum hapal begitu banyak kosa kata. Berbicara dalam bahasa Inggris juga dapat dijadikan sebagai indikator apakah anda sudah bisa berbahasa Inggris atau belum. Silakan ukur kemampuan anda dengan berbicara.

Menulis (writing), singkatnya adalah jika anda ingin menjadi seorang yang jago menyanyi, maka anda harus berlatih menyanyi. Demikian juga dalam penguasaan ilmu berbahasa Inggris, jika anda ingin mahir dalam menulis bahasa Inggris maka berlatihlah untuk menulis dalam bahasa Inggris.

2. Gunakan kecanggihan teknologi untuk membantu anda

Anda dapat memanfaatkan berbagai gadget yang anda punya. Telepon genggam contohnya, jika anda pengguna android, terdapat beberapa aplikasi android seperti Busuu dan Babbel yang bisa diunduh secara gratis. Atau anda dapat merekam sebuah percakapan dalam bahasa Inggris. Bahkan anda juga dapat menyimpan berbagai file berupa artikel dalam bahasa Inggris di smartphone yang anda miliki, sehingga anda bisa membacanya dimana saja anda berada.

3. Pahami bahwa kunci sukses dalam belajar bahasa Inggris hanya satu, yaitu : Praktek, praktek, dan praktek. 

Mempraktekkan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari memang gampang-gampang susah. Khususnya jika Anda tinggal dan bergaul di tengah masyarakat yang tidak terlalu menganggap bahasa inggris itu penting. Untuk mensiasati hal ini, saran saya cukup sederhana, mulailah dari yang hal-hal kecil, seperti mengatakan sapaan dalam bahasa inggris. Mengubah bahasa handphone/blackberry Anda menjadi bahasa inggris. Jika Anda hobi nonton, cobalah menonton film barat tanpa subtitle Indonesia dan mengertilah filmnya, kemudian cocokkan pemahaman Anda tentang film itu dengan sinopsisnya dalam bahasa Indonesia. Jika Anda tiap hari online, bergabunglah di forum berbahasa inggris, bacalah situs berita berbahasa Inggris, Bertemanlah dengan orang Inggris beneran di Facebook dan Twitter. Hapalkan lagu bahasa inggris dan mengerti makna liriknya. Dan masih banyak cara lain sehingga tidak menutup kemungkinan Anda akan menemukan sendiri cara belajar bahasa inggris yang "gue banget" dimana Anda betul menikmati bahasa ini.

Nah, itulah cara mudah belajar bahasa Inggris bagi pemula yang mungkin dapat menjadi referensi bagi anda khususnya pemula yang ingin berhasil menguasai bahasa Inggris. Ingatlah bahwa dalam mempelajari sebuah keterampilan itu membutuhkan ketekunan, keyakinan, usaha yang keras, dan juga kepercayaan diri yang cukup. Apakah Anda siap menguasai bahasa inggris?

9 komentar untuk "Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula"

  1. kalau saya sich, yang penting berani untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris dalam kondisi apapun ..terutama apabila ktemu dengan orang asing,,maka itu bisa membuat kita jadi semakin lancar berbahasa Inggris :)

    BalasHapus
  2. dari dulu saya sudah belajar bahasa Inggris namun masih sulit untuk menguasainya dengan baik dan benar
    terima kasih sudah memberikan tips2nya, snagat membantu sekali

    BalasHapus
  3. ajar bahasa inggris sob hhee, pengen buat artikel nembak di google adsense soalnya.

    BalasHapus
  4. mintak izin copy kak
    by Nur Ahmad
    dari Sumsel Babel

    BalasHapus
  5. Good idea..., belajar b. Inggris emang agak sulit, tapi kalo udah tau triknya jadi mudah bgt loh...Don't forget visit my blog too yach...http://learning-english123.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. nice tips http://forty-sixenglish.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Terima kasih sudah berbagi tips cara mudah belajar Bahasa Inggris ..
    Salam sukses !!

    BalasHapus