Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Artikel Kesehatan - 3 Cara Cepat Mengatasi Tidur Mendengkur. Mendengkur atau ngorok adalah masalah besar bagi banyak orang. Tidak saja untuk orang yang tidurnya mendengkur, tapi juga anggota keluarga yang menjadi teman tidurnya.


Berikut ini adalah 3 cara cepat mengatasi tidur mendengkur.

Mengganti Posisi Tidur

Dengkuran biasanya terjadi karena salah posisi tidur. Cobalah untuk tidur menyamping. Posisi ini dapat membantu untuk menghilangkan dengkuran.

Mengubah Gaya Hidup

Bagian gaya hidup yang perlu diperhatikan adalah berat badan, konsumsi alkohol dan pola makan.
Orang yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) cenderung mudah tidur mendengkur. Cobalah mengurangi berat badan kamu.

Konsumsi alkohol, terutama menjelang waktu tidur, akan berubah menjadi depresan dalam tubuh. Alkohol akan melemaskan otot-otot pernapasan yang menjadi jalur keluar masuknya udara dalam tubuh. Sehingga memperbesar peluang timbulnya dengkuran. Makanya hindari alkohol sekitar 3 atau 4 jam sebelum tidur.

Hal ini juga berlaku dengan pola makan. Makan dalam jumlah besar akan mengisi diagfragma di perut dan menimbulkan tekanan udara di bagian pernapasan ketika kamu berbaring. Jadi, jangan makan dalam porsi besar sebelum tidur.

Alat Anti Dengkur

Salah satu penyebab timbulnya dengkuran adalah posisi rahang bawah tidak menutup sempurna ketika kamu tidur. Jika kamu dapat mengatur posisi rahang bawah  maka kamu dapat menghentikan dengkuran. Penyebab lain adalah posisi kepala dan leher pada saat tidur yang membatasi saluran udara. Untunglah sekarang telah ada alat bantu yang dapat membantu dengan masalah dengkuran. Misalnya ; bantal anti dengkur berdesain khusus, tali dagu, corong dengkur dan nasal strip. Kamu bisa mencari informasi tentang alat-alat ini di apotek atau secara online.

Semoga setelah mengetahui 3 Cara Cepat Mengatasi Tidur Mendengkur, masalah dengkuran kamu dapat teratasi.

7 komentar untuk "3 Cara Mengatasi Tidur Mendengkur"

  1. wah lumayan nih tips nya buat nambah wawawsan thannk's ya info nya !

    BalasHapus
  2. bagus banget, bisa dicoba ini...

    BalasHapus
  3. hemmm..... ya udh deh dicoba

    BalasHapus
  4. Lho ada bantal anti dengkur? boleh di coba nih! kira-kira berapa harga nya?

    BalasHapus
  5. heeemm...kayaknya menarik dicoba nih!!!!

    BalasHapus
  6. terjadi penyempitan pernafsan saat tidur mendengkur

    BalasHapus
  7. Terima kasih untuk tips mengatasi tidur mendengkur (Y)

    BalasHapus