Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenalin Temen Baru Saya, Namanya Alexa

Lompo Ulu - Kenalin temen baru saya, namanya Alexa. Eittss... anda jangan terkecoh dulu dengan judul artikel ini. Saya bukan bermaksud mempromosikan seseorang (atau band?) yang bernama Alexa. Alexa yang saya maksud adalah perusahaan yang mengoperasikan sebuah situs favorit para webmaster. Situs ini menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya.

alexa aplikasi


Alexa merupakan salah satu situs penyedia informasi di internet. Perusahaan yang berbasis di California ini amat terkenal kalangan pemilik situs, blogger dan pemakai jasa internet.

Kenapa dinamakan Alexa? Dari Wikipedia, dikatakan bahwa nama Alexa sebelumnya dipakai dalam homepage situs Perpustakaan Alexandria, kemudia digunakan sebagai nama perusahaan untuk menggambarkan hubungan antara kumpulan pengetahuan terbesar dalam dunia kuno (mungkin maksudnya jaman sebelum ada internet) dengan kemampuan potensial internet yang tidak terbatas.

Mengapa Alexa terkenal? Saya kira berkaitan dengan kedudukannya sendiri sebagai perusahaan penyedia informasi di internet. Alexa menyediakan Alexa Toolbar yang dapat diunduh secara gratis di situs mereka. Alexa Toolbar ini merupakan alat/widget yang canggih. Widget ini dapat memberikan gambaran situs apa saja yang banyak diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia. 

Selain itu, Alexa toolbar juga menyediakan informasi dasar sebuah situs yang terdaftar dalam database Alexa. Apa saja isi suatu situs, siapa pemiliknya, berapa halaman yang dimiliki situs tersebut, berapa banyak situs yang menaruh link di dalamnya, sampai berapa sering situs tersebut diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia. Semuanya dapat dilihat melalui Alexa Toolbar.

Jadi, setelah membaca tulisan di atas, anda dapat mengerti bukan? Mengapa Alexa amat terkenal kalangan pemilik situs, blogger dan pemakai jasa internet seperti kita.

Update Untuk Tahun 2023

Berikut adalah perkembangan terbaru situs Alexa.com dalam 10 tahun terakhir secara kronologis:

Tahun 2013: Jogglo.com masuk peringkat 15.000 Alexa.
Tahun 2014: Alexa menyediakan data traffic, ranking situs website secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar.
Tahun 2015: Lebih dari 130 keterampilan pihak ketiga untuk Alexa.
Tahun 2016: Alexa Prize diumumkan untuk memajukan teknologi. Konferensi Alexa pertama berlangsung di Nashville, Tennessee.
Tahun 2016: Tribunnews.com menjadi portal berita paling populer di Indonesia versi Alexa.com.
Tahun 2021: Amazon mengumumkan rencana untuk menutup sistem peringkat situs web global dan alat analisis pesaing “Alexa.com” pada 1 Mei 2022.
Tahun 2022: Alexa.com berhenti menawarkan langganan baru sejak 8 Desember 2021. Sementara pelanggan eksisting tetap memiliki akses ke langganan mereka
Tahun 2022: Alexa.com ditutup pada 1 Mei 2022.
Tahun 2023: Beberapa media fake news bahkan bisa mengalahkan media mainstream seperti Antaranews dan Tempo.co diukur lewat Alexa.com

1 komentar untuk "Kenalin Temen Baru Saya, Namanya Alexa"

  1. terimakasih infonya ya, saya baru sejarahnya ternyata unik juga ya, dan hebatnya peringkatnya sangat tinggi dari penyedia layanan lainnya.

    BalasHapus